ARTIKEL

TEST KREATIVITAS

Pendahuluan
Dengan membentuk keJompok dapat dirumuskan gagasan-gagasan baru yang akan membantu pemecahan masalah khusus organisasi (perusahaan atau bagian) dan sekaligus membangkitkan kreativitas masing-masing. Kita tidak perlu terlalu menitikberatkan pada pemecahan masalah yang sesungguhnya. Hal itu akan dikerjakan pada kesempatan lain. Apa yang akan kita iakukan adalah melihat persoalan dari berbagai sudut dan pandangan, dan bahkan mungkin dapat merumuskannya kembali, kemudian menyusun gagasan-gagasan segar dan baru yang dapat dipertimbangkan pemecahan masalahnya.
Selama periode pertama ini, secara singkat akan dibahas perbedaan nyata antara berpikir kreatif dan pendekatan analitik dalam pemecahan suatu masalah, setelah itu kita akan menguji diri kita sendiri untuk mengukur tingkat kreativitas kita.
Pada sesi kedua, kita akan membahas hambatan-hambatan psikologi, budaya dan lingkungan yang muncul di sekitar insting kreatif kita, kemudian kita akan menilai kekuatan dari hambatan-hambatan ini dengan meneliti hasil yang diperoleh dari beberapa uji yang sederhana.
Dua sesi pertama ini akan mengantar kita kepada sesi ketiga yang merupakan pokok sesi berpikir kreatif. Pada sesi 3, akan dibahas masalah yang dihadapi organisasi (perusahaan atau bagian) yang harus dipecahkan, dan melalui metoda yang disebut "brainstorming" menyusun daftar gagasan yang mungkin dapat dipergunakan untuk mencari pemecahan masalah yang dapat dilaksanakan. Daftar gagasan ini dapat dipergunakan seseorang, kelompok atau bagian yang mencari pemecahan masalahnya.


Pemecahan Masaiah Dibandingkan Berpikir Kreatif

Banyak orang mengacaukan berpikir kreatif dengan ketrampilan yang diperlukan untuk memecahkan persoalan. Pada nyatanya keduanya mempunyai perbedaan yang nyata. Sangat penting bahwa perbedaan ini dapat dipahami bila kita ingin mengkreatifkan diri.
Pemecahan masaiah memerlukan penerapan teknik analitik yang tidak emosional. Informasi ditelaah, dipindahkan, dipilih atau tidak, ditelaah kembali, dipindahkan kembali, seleksi dan seterusnya. Matematik dan beberapa pertanyaan seperti bagaimana, bilamana, dimana, apa, siapa, mengapa, sangat sering digunakan sampai jawaban yang dapat diterima diperoieh. Hal ini merupakan penerapan logika yang tidak emosional, dan yang didasarkan pada prinsip-prinsip yang ditemukan (paling tidak di dunia barat) oleh filsuf Yunani yang hidup 2.500 tahun yang lalu. Pada masa itu pola berpikir vertikal dari analisis sistematik, tidak pernah berubah.
Teknik telah ditambah dan ditingkatkan, tetapi proses penelaahan dan pengalihan informasi dan kebiasaan yang berbahaya dalam penerapan keputusan "Ya - Tidak" sebelum menelaah langkah selanjutnya, masih tetap ada.
Berpikir kreatif menghindarkan analisis dan bahaya keputusan "Ya - Tidak". Berpi¬kir kreatif melibatkan penelaahan persoalan dari berbagai pandangan dan menyarankan alternatif awal, tidak hanya menerima persoalan apa adanya dan menerapkan teknik analitik untuk memecahkannya. Berpikir kreatif memerlukan imajinasi yang hidup, dan inspirasi yang akan menghindarkan berpindahnya satu gagasan ke gagasan yang lain secara emosional, seperti misalnya "kita dapat berbuat begini" atau "kita dapat berbuat begitu".
Selain pola berpikir analitik vertikal yang tidak emosional, dan pola berpikir logika secara mendalam, kreativitas mau tidak mau menimbulkan rangsangan emosional, melalui wawasan vertikal, melompat dari satu gagasan ke gagasan lainnya, dimana setiap gagasan merupakan konsep yang berbeda, berbeda pula cara memandang tiap persoalan sebelum setiap pikiran analitik timbul atau mulai.
Seseorang dapat mengatakan bahwa berpikir analitik dan vertikal merupakan berpi¬kir "tahap kedua", sebab tahap pertama adalah menentukan kapan harus mulai, atau menentukan apa tugas analitik yang harus dipersiapkan. Karenanya berpikir kreatif lateral sangat menitikberatkan pada berpikir tahap awal, sebab berpihak pada penentuan dimana harus mulai dan menentukan dimana tugas-tugas analitik harus dimulai.
Bagan 1, menunjukkan secara diagram perbedaan berpikir lateral dan vertikal. Perbedaan antara pemikiran pemecahan masalah dan pemikiran kreatif. Lihat bagan 1 yang berwarna krem.
Pada bagan secara jelas ditunjukkan perbedaan antara pendekatan pemecahan masa¬lah dan pendekatan berpikir kreatif, yang merupakan pencarian alternatif sebeium pekerjaan pemecahan masalah secara analitik dimulai.
Latihan Seberapa Kreatifkah Anda
Anda sekarang berkesempatan untuk mengukur kekuatan kreativitas Anda, dengan menggunakan alat uji yang didisain secara teliti. Di sana tercapat 56 pernyataan yang harus dijawab. Barangkali Anda akan merasa bahwa latihan ini sangat berat, kami percaya bahwa penilaian Anda sendiri atas kemampuan diri sangat penting. Waktu yang dipergunakan untuk pengerjaan iatihan ini merupakan investasi pribadi yang bermanfaat.
Segera setelah latihan selesai, Anda akan menghitung nilairiya, sehingga ada umpan balik langsung dari latihan ini.









PERBEDAAN PEMECAHAN MASALAH DAN KREATIVITAS











INVENTARISAST CREATRIX

Berikut ini terdapat pernyataan-pernyataan yang harus Anda tanggapi dengan memberikan angka-angka dari 1 s.d. 9. Angka 9 menyatakan bahwa Anda mutlak setuju dengan pernyataan tersebut. Angka 1 menyatakan bahwa Anda mutlak tidak setuju. Angka 5 Anda beri bila Anda berada di tengah-tengah antara mutlak setuju can mutlak tidak setuju.

Angka-angka lainnya menunjukkan kecenderungan sikap atau perilaku ke arah makin setuju atau makin tidak setuju :

(1) 2 3 4 5 6 7 8 (9)


(makin tidak setuju) makin setuju

Tidak ada tanggapan yang benar atau salah di sini. Agar Anda dapat memperoleh gambaran diri yang setepat mungkin, maka berilah tanggapan Anda sejujur mungkin. Tanggapan Anda yang diharapkan ialah bagaimana sebenarnya menurut Anda sendiri. Bukan bagaimana seharusnya seseorang memberikan tanggapan.

Gambaran yang akan dihasilkan dari inventarisasi ini akan selalu nenunjukkan segi positif dan segi negatif dari tiap kecenderungan, hingga akan dapat sangat bermanfaat bagi Anda selanjutnya. Sebelum kita mengisi inventarisasi ini isilah terlebih dahulu beberapg biodata yang berada di bawah ini.

JenIs kelamin :
U s i a :
S u k u :
Pendidikan terakhir :


1 ........ Saya dapat saja menunda sampai besok apa yang seharusnya saya kerjakan hari ini
Melamun adalah suatu kegiatan yang bermanfaat ........ 2
3 ........ Saya yang menentukan nilai-nilai hidup saya
Saya kerap kali mengadakan fantasi di bidang seksual ........ 4
5 ........ Saya merasa bebas untuk tidak melakukan apa yang diharapkan oleh orang-orang lain
Memiliki kreativitas adalah ciri manusia yang ingin maju ........ 6
7 ........ Saya menerima kelemahan-kelemahan saya.
Saya lebih senang dengan cara-cara yang baru daripada cara-cara yang sudah dicoba dan pasti benar. ........ 8
9 ........ Biasanya saya yakin bahwa saya akan berhasil
Setiap masalah selalu ada bermacam cara pemecahannya ........ 10
11 ........ Hidup dengan cara yang saya kehendaki selalu mungkin bagi saya.
Ide-ide adalah lebih penting bagi manusia ........ 12
13 ........ Saya sanggup menghadapi gejolak-gejolak dialam hidup

Manusia lebih banyak perbedaan daripada persamaannya ........ 14
15 ........ Dalam menghadapi orang lain saya selalu mengatakan apa yang saya rasakan
Saya berpendapat bahwa kalau tidak berani untuk mencoba, orang tidak akan mendapatkan apa-apa ........ 16
17 ........ Dalam hubungan dengan orang lain, saya tidak takut untuk mengemukakan pencapat saya pribadi
Saya sering dapat melihat hal-hal yang lucu dimana orang lain tidak melihatnya ........ 18
19 ........ Saya hidup sesuai dengan kebutuhan-kebutuhan saya, perasaan senang - tidak senang, dan nilai-nilai pribadi saya
Ide-ide saya biasanya lebih baik daripada ide-ide orang lain. ........ 20
21 ........ Saya yakin akan kemampuan saya untuk membaca situasi tertentu.
Pembatasan-pembatasan hanyalah untuk orang-orang yang biasa-biasa saja. ........ 22
23 ........ Saya mempunyai kemampuan bawaan untuk menghadapi hidup ini
Saya seorang yang berkemampuan di at as rata-rata ........ 24
25 ........ Saya dapat merasa benar tanpa harus terus-menerus membuat senang orang lain
Apa yang oleh orang lain sudah dianggap kacau, bagi saya tidak mengganggu ........ 26
27 ........ Untuk dapat mengatakan atau melakukan sesuatu yang saya anggap benar, saya tidak akan segan untuk mengorbankan persahabatan
Saya lebih senang menghadapi sesuatu yang sama sekali belum jelas daripada yang sudah sangat jelas ........ 28
29 ........ Saya merasa bebas untuk berperilaku sebagaimana adanya apapun akibatnya
Saya tidak banyak memperhatikan waktu ........ 30
31 ........ Saya tidak merasa ada hambatan untuk nenunjukkan sikap ramah atau tidak ramah pada orang yang belum saya kenal
Sumbangan para inventor lebih banyak daripada yang diberikan oleh para politikus ........ 32
33 ........ Saya senang menjauh dan menyendiri
Kehidupan masa kanak-kanak saya sepi ........ 34
35 ........ Saya seorang yang bersikap tegas, beranl dan positif

Kadang-kadang saya merasa seperti sudah menjadi gila. ........ 36
37 ........ Saya tidak takut bersikap seadanya
Saya sebenarnya sangat berbeda dengan orang-orang lain ........ 38
39 ........ Saya seorang yang mandiri
Saya seorang yang sangat kompleks, bagi saya sendiri pun terasa demikian. ........ 40
41 ........ Kadang-kadang saya menipu juga sedikit
Kebanyakan orang menganggap saya tidak konsisten ........ 42
43 ........ Kadang-kadang saya merasa demikian marahnya, hingga ingin menghancurkan atau menyakiti orang lain
Saya lebih senang dengan keadaan yang tidak teratur daripada keadaan yang sangat teratur ........ 44
45 ........ Saya merasa tenang dan tidak ragu-ragu dalam berhubungan dengan orang lain.
Bagi saya situasi baru lebih merupakan tantangan daripada menakutkan ........ 46
47 ........ Saya dapat menerima kesalahan-kesalahan saya
Saya seorang yang jarang sepenuhnya dimengerti orang lain ........ 48
49 ........ Ada sebagian orang yang bodoh dan tidak menarik
Saya cepat sekali menjadi bosan ........ 50
51 ........ Saya pernah mengalami saat-saat yang sangat nenyenangkan dicana saya merasa seakan-akan berada di luar dunia ini
Saya tidak senang diawasasi ........ 52
53 ........ Kejujuran tidak selalu merupakan kebijakan terbaik
Saya sering lebih gigih daripada orang lain ........ 54
55 ........ Saya merasa tidak terganggu bila prestasi saya kurang sempurna
Pekerjaan saya adalah kreasi saya ........ 56

JUMLAH

















THE CREATRIX




Tidak ada komentar:

Posting Komentar