ISO 9001 : 2008


ISO 9001 : 2008 : MANAJEMEN MUTU


Konsep Mutu

Tingkat karakteristik produk persyaratan yang ditetapkan

(ISO 9000:2000)

“MUTU adalah apa yang membuat pelangggan senang “

“MUTU didefinisikan oleh pelanggan”

Manfaat Penerapan SMM
Bagi Perusahaan/Instansi Pemerintahan
  • Melalui sertifikasi sistem manajemen mutu (SMM) ISO 9001 : 2008 didapat pengakuan keberhasilan pelaksanaan tugas dari stakeholder yang diwakili oleh lembaga independen yang tidak dapat dibantah oleh pihak lain, karena sertifikat diberikan atas dasar penilaian yang obyektif dan transparan berdasar standar nasional dan internasional.
  • Pemecahan masalah berdasar pendekatan sistem, memudahkan menemukan masalah utama dan pertama dan masalah-masalah lain yang berhubungan dengannya, sehingga dapat dirumuskan pemecahan masalah yang mendasar dan menyeluruh.
  • Sistem manajemen mutu mendukung pencapaian sasaran-sasaran yang ditentukan. Melalui penetapan sasaran-sasaran mutu yang dapat diukur dan selalu diperbaiki, akan jelas target yang akan dicapai, bagaimana cara mencapainya, dan apa ukuran keberhasilannya. Kejelasan sasaran yang hendak dicapai, kejelasan cara mencapainya, dan kejelasan cara mengukur keberhasilan sudah merupakan suatu keberhasilan.
  • Komitmen manajemen puncak yang didukung oleh keterlibatan seluruh pegawai untuk menerapkan sistem manajemen mutu, menunjukkan bahwa organisasi tersebut adalah suatu organisasi yang belajar (learning organization)
  • Spesifikasi produk pelayanan yang jelas menyebabkan masyarakat pelanggan merasakan bahwa hak-hak dan kewajiban-kewajiban mereka diperhatikan dan disampaikan secara transparan, sehingga akan meningkatkan kepuasan pelanggan.
  • Internal audit dan tinjauan manajemen yang dilanjutkan dengan tindakan koreksi dan pencegahan, menunjukkan bahwa pimpinan organisasi tersebut telah memimpin organisasinya dengan baik.
  • Pengukuran kinerja dan kepuasan pelanggan menunjukkan bahwa ada upaya untuk meningkatkan kinerjanya dan meningkatkan kepuasan pelanggan (continous quality improvement).
  • Sistem manajemen mutu akan membentuk budaya kerja yang lebih baik yang akan terlihat dari produktivitas, moral, dan disiplin kerja pegawai yang meningkat, dan keluhan pelanggan, produk jasa yang tidak sesuai yang menurun. 
ISO 9001 : 2008
Artikel lengkap